Kue Lapis Beras – Gluten Free

Kue-kue tradisional Indonesia sebetulnya banyak banget yang gluten free tapi kalo beli kan ga tau ya udah dicampur apa aja jadi amannya bikin aja deh kalo emang harus gluten free.
Resep yang dicoba kali ini adalah kue lapis beras.

kue lapis beras

LAPIS BERAS COKELAT LABU KUNING
Resep dari Majalah Sedap

Bahan:
250 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
750 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
250 gram labu kuning dikukus dan dihaluskan
250 gram gula pasir
1/8 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh cokelat pasta

Cara membuat:

  • Didihkan santan, daun pandan, dan garam. Diamkan hingga hangat. Tambahkan labu kuning kukus. Blender sampai lembut.
  • Aduk tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan vanili. Tuang campuran santan dan labu kuning sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  • Ambil 1/4 bagian. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisanya biarkan kuning
  • Tuang satu sendok sayur adonan kuning diloyang loaf ukuran 24x10x7 cm yang sudah dioles minyak.
  • Kukus 5 menit dengan api sedang. Tuang setengah sendok sayur adonan cokelat. Kukus 5 menit dengan api sedang.
  • Ulangi melapis sampai adonan habis. Terakhir kukus 30 menit sampai matang.

Untuk 24 buah

Note: Potong kue lapis setelah benar-benar dingin. Agar hasil potongannya lebih rapi anda dapat melapisi pisau dengan plastik.

Sayangnya gw kelupaan kasih si bocah nyoba kue ini haha.. keburu abis dibagiin di acara rumpi2 mamana :p

Advertisements

8 thoughts on “Kue Lapis Beras – Gluten Free

    1. Gluten free berarti makanannya gak mengandung gluten. Sumber gluten yang utama terigu, jadi orang yang alergi gluten gak boleh makan roti, mie, kue-kue/biskuit dan semua yang pake terigu 🙂

    1. bisa pake kabocha tapi kalo mau pake labu kuning biasa juga bisa.. pake kentang juga ga efek sih kayanya hahhaa… apinya sedeng aja, kalo kegedean ntar ada titik2 air terjebak diantara lapisannya..

    1. iya fel ini jajanan pasar. kalo yang dipakein lapisan warna merah biasanya yang namanya kue pepe, bahan utamanyanya tepung sagu.. kenyal2 gitu.. kalo ini bahannya tepung beras jadi gak kenyal 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s