Gluten Free Snacks

Sejak tau clo2 gluten intollerant, gw jadi doyan baca tulisan kecil2 yg ada di kemasan makanan sebelom dibeli. Tujuannya ya apalagi kalo bukan untuk mencari secercah harapan siapa tau clo2 bisa mengkonsumsi makanan tersebut 🙂

Idealnya memang semua makanan untuk clo2 homemade aja untuk mengurangi resiko cross-contamination tapi kan ada kalanya pengen yang praktis aja, beli maksudnya hehee.. Terutama untuk bekal sekolahnya karena lama-lama cape juga tiap hari kudu cari ide buat sarapan dan snack di sekolahnya.

Di Jakarta susah cari produk makanan yang ber-label gluten free tapi bukan berarti gak ada. Salah satu merek yang udah masuk ke banyak supermarket jakarta adalah ORGRAN. Jenis yang banyak masuk dari merek ini adalah macam2 pasta dan bread mix. Untuk jenis biskuit, cuma tersedia tipe Outback Choco & vanilla. Padahal ya di website-nya Orgran ada banyak macem biskuit tapi sayangnya belom masuk Jakarta. Udah keliling2 supermarket high-end tetep ga nemu.

orgran outback

Salah satu snack clo2 yang juga banyak beredar di Jakarta yaitu baby choice EMPRO. Sebetulnya ini snack buat bayi umur 8 bulan hahhaa.. tapi ya ga ada banyak pilihan jadi ga pa-pa lah…

baby choice empro

Snack bayi lainnya yang clo2 bisa makan yaitu merek Happy Baby. Mereka punya jenis yang gluten free tapi snack ini ukurannya kecil2 dan gampang banget melempem jadi ga cocok dibawa ke sekolah.

puff

Terus ada juga nih produk lokal yang namanya NasiK_riuk Debbie. Model2 kerupuk gitu deh,  harganya ekonomis. Snack ini juga ga cocok buat dibawa ke sekolah karena cepet melempem dan kurang bergizi. Tapi benernya snack2 kan emang bukan sumber gizi yg baik ya?

NasiK_riuk Debbie

Karena jenis snack yang bisa dimakan clo2 terbatas, bfast cereal-pun gw jadiin snack-nya si bocah kecil hehee… ada Multigrain breakfast Os with Quinoa dari ORGRAN dan Cocoa/Fruit-Pebbles dan POST. Sebetulnya ada merek lain yaitu Gorilla Munch dari Envirokidz tapi kayaknya merek ini ga bener2 gluten free jadi abis makan cereal itu kumat deh alerginya clo2.

Post-Pebbles orgran

Ada juga beberapa produk gluten free lain tapi clo2 ga bisa makan karena biskuitnya terlalu keras, misalnya biskuit merek Fantastic buatan Thailand.

Pas kemaren dapet hadiah kuis di blog mamanya C&C (thankyou fel!) berupa voucher belanja di OS Sola Gracia (thankyou bek!), minta tolong dibeliin ORGRAN biskuit yg ga ada di Jakarta. Lumayannnn.. nyetok buat snack bekal sekolahnya Clo2. Selama ini bekal sekolahnya muter2 aja dari Orgran Outback, bubur+abon sapi, brokoli kukus, labu kukus, apel potong atu pear potong.

photo

Benernya dengan kondisi gluten intolerance gini memaksa clo2 makan makanan sehat yang justru bagus dengan kondisi jaman kayak sekarang tapi masalahnya si bocah bukan cuma gluten intolerance tapi juga ga bisa makan kacang, telur, seafood dan ayam.  Kalo ke resto kudu interogasi pelayannya dulu, pake ayam ga? pake kacang ga? pake terigu ga? pake saus tiram ga? pake seafood ga? pake telor ga? Kalo jawaban pelayannya ga meyakinkan minta dipanggilin kokinya dulu hahahaa… keburu ditendang ama mereka.

Semoga kedepannya makin banyak produk berlabel gluten free di jakarta. Biar ga perlu pusing cari ide buat bekel sekolah hahaa…

Advertisements

16 thoughts on “Gluten Free Snacks

  1. sampe kapan xiao clo2 alergi begitu? clo 1 udah gak kan? susah juga sih ya cari makanannya, kalo ke resto mah lebih susah lagi cari yang gak pake apa2. mending gak usah pilih dari menu, langsung aja bilang kita maunya gak pake ini ini ini hehe..

    1. ga bisa dipasti-in sampe kapan alerginya clo2. ga tentu bakal ilang juga, kalo ga ilang2 ya kudu terus jalanin pantangan heheee..

      clo2 jarang makan di resto, kalo ke resto paling ikutan minum doang ato dari rumah dibawain brokoli kukus hehhee..

    1. dapet 1,5 kotak fel hahaa. mayan banget kan.. kalo ga ada voucher dari elo ga bakalan gw berani nanya bisa titip beli ato engga hehhee… takut nyusahin.. eh ternyata bebek baek banget yaa..

    1. kalo kena makanan yg bikin dia alergi, mukanya bengkak dan gatel trus perutnya juga sakit.
      clo1 dulu juga alergi tapi waktu umur 1 tahun udah ga alergi-an lagi.

  2. Bun…
    Aanakku usia 2 thn.kmrn dpt diet alergi ringan dr dokter widodo. Yg diperbolehkan di kolom 1 &2. Bingung bgt soal cemilanya. Sari roti tawar plus strawberi n jacobs.kdng walls strawberry. Nyari biskuit merk fantastic n modern jg susah bgt.cari di google liat bentuknya jg ga ada.bs bantu bun saran cemilannya dan beli biskuit merk tsbt dimana

    1. Paling aman sih ngemil buah/sayur, misalnya wortel rebus atau brokoli rebus. Buah2an ada yang bikin alergi tapi jarang banget.. daripada tebak-tebakan biskuit, kalo aku lebih pilih kasih pisang buat anakku hehee..

      Biskuit fantastic/modern terlalu keras buat anak2.. walopun di kemasannya ditulis glutenfree tapi anak saya gatel2 kalo makan biskuit itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s