Refund AirAsia

Pesen tiket jauh-jauh hari? ga takut angus lo?
Kalo belom sanggup beli tiket sistem buy as your go ya apa boleh buat yakkk..

Pengalaman gw sukses berangkat dengan tiket yang dipesan jauh-jauh di muka cukup banyak tapi pengalaman gagal juga ada beberapa:

  1. Tiket JKT-SMG-JKT via AirAsia. Tidak ada kendala dengan airlines tapi memutuskan gak jadi berangkat karena alasan pribadi. Tiket hangus.
  2. Tiket DPS-JKT via Batavia Air. Karena airlines bangkrut dan sampe sekarang tidak ada dan hampir pasti tidak akan ada penggantian uang tiket.
  3. Tiket JKT-PEN-JKT via AirAsia. Pihak airlines mengubah jadwal penerbangan dan mereka memberikan opsi refund.
  4. Tiket JKT-SBY-JKT via Tiger Mandala. Pihak airlines membatalkan rute tersebut.

Yang mau diceritain disini soal refund-nya tiket AA JKT-PEN-JKT.

2 Dec 2013 mengajukan permintaan refund melalui E-form di website Airasia.
3 Dec 2013 mendapat email balasan bahwa permintaan refund telah di-validasi dan akan diproses.
9 Dec 2013 mereka menginformasikan via email bahwa refund claim untuk tiket yang dibayarkan via credit card sudah di-approved dan sudah di-submit ke bank.
Sedangkan email approval refund claim untuk tiket yang dibayarkan via internet banking baru diterima tanggal 18 Dec 2013 (ada dua nomor booking yang di-refund).

Refunds may take up to 14 working days to appear on your credit card/ debit card/ bank account statement. Kindly check with your bank after this period.

Tanggal berapakah uang tersebut benar2 masuk ke rekening tabungan/Credit card kita?
Refund tiket yang dibayarkan via internet banking muncul tanggal 13 jan 2013 (26 hari sejak email terakhir dari AA).

refund-tiket-IB

Sedangkan refund tiket yang dibayar via Credit Card ga muncul2. Masuk bulan Feb gw udah mulai putus asa keliatannya ni bakal angus dan gw berusaha telpon call center AA tapi nunggu sampe 2 jam tetep aja ga dapet giliran ngomong sama petugas AA. Live Chat-nya juga ga pernah bisa masuk. Kirim message di facebook AirAsia juga gak dibalas. Satu2nya yang respon cuma via twitter.

Cantumin refund case number-nya dan Twit AA reply sbb:

twitt01

Jadilah gw isi e-form lagi, tapi ya tiap kali isi e-form mereka akan create new case number. Dan untuk case number yang baru itu permintaan refund gw ditolak. Lahhh????

Akhirnya komplen lagi di twitter mengenai hal tsb dan reply mereka:

twitt02

Setelah murung berhari-hari walopun murungnya bukan cuma gegara refund AA tapi nambah bete kann.. Akhirnya muncul juga.

refund-tiket-IB-2

Hampir semua kasus refund AA yang gw baca di inet adalah komplenan karena uangnya ga masuk2 dan ga ada update cerita berikutnya apakah akhirnya refund mereka muncul ato engga.
Jadi sengaja gw tulis di blog kasus sukses refund AA barangkali ada juga yang lagi putus asa nungguin refund ga cair2. Jangan putus asa, logikanya kalo refund udah dinyatakan disetujui harusnya tuh duit keluar dari sistem mereka.. ga mungkin ngilang karena kalo sampe ngilang berarti kaga ada yang ng-audit sistem keuangan mereka?

Dan yang berikutnya gw tunggu adalah refund tiket tiger mandala. Semoga oh semogaaaaa….

20 thoughts on “Refund AirAsia

  1. Duh, seringkali tuh kalau LCC (low cost carrier), ujung2nya sering berujung dengan dicancelnya flight, pengubahan rute, pengubahan jam, nyebelin ya. Sekarang ditambah lagi dengan refund yang LUAMA tak berujung…. Phew…. Tapi masih mending deh dapet refund-nya. Daripada gak dapet apa2. Kemarin ini gue malah denger saudara gue, penerbangan Mandala dari HK yang tadinya via jkt, jadi via sby. Serem ya kalo gitu2.

    1. Kalo beli tiket LCC emang kudu siap mental duit angus.. jadi kalo ga murah2 banget mendingan jangan beli..
      kemaren itu gw udah siap2 untuk kapok beli tiket LCC tapi karena refund-nya masuk ga jadi kapok deh.. siap hunting di BIG SALE berikutnya hahhaaa…

  2. Gw jg pernah ngerefund AA- krn flight DPS-JKT di cancel waktu APEC kmrn. ya prosesnya emang lamaaaa, itu jg gw 2x nge-email. Uangnya masuk ke CC hampir 2 bulanan ๐Ÿ™‚

    Trus ada pembelian tambahan/ adds on yang gw beli belakangan pake debet card, lupa kalo ga salah bayar seat, itu sampe skrg ga balik ๐Ÿ™‚ krn uangnya ga seberapa, gw males proses lagi.. yg penting uang tiket nya balik ๐Ÿ™‚

  3. Gara2 ujan abu yang bandara di jatim ditutup, ii gw batal ke malang. Jkt-Mlg naik citilik dan baliknya naik sriwijaya. Yang Sriwijaya direfund kasih voucher seharga tiket buat kemana aja, sedangkan citilink malah ga dapet. Bukannya citilink punya garuda ya? padahal kan ga rugi juga ga terbang ini….jadi beramal kata ii gw ๐Ÿ˜ฆ

  4. mamana clo…
    saran dong… aq kmrn mengajukan refund AA krn mreka reschedul kbrgktanku. dah aq isi eform 2x smp mreka bilang kalo mreka dah submit k bank. tp dah hmpir sebulan belum masuk jg. aq kudu gimana nih? ini tiket berempat pula. kalo emang kudu urus ke bank, prosedurny gimna yak? tengkyu…

    1. Kayanya proses duit bener2 masuk ke rekening kita emang lama. Selama duitnya belom masuk tanyain aja tiap minggu lewat e-form ataupun twitter. Jangan putus asa ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

