Perpanjang Paspor Juga

Ga berasa udah waktunya ganti paspor lagi. Dari kemaren banyak banget postingan tentang perpanjang paspor online tapi kaga nyadar kalo paspor sendiri udah harus diperpanjang. Baru nyadar pas baca postingan yance yg cerita kalo paspornya expired bulan 11. Lahhh.. punya gw juga kan exp nov hahhaaa…

Baru 6 bulan lalu ngurus perpanjangan paspor si bocah ke kanim jakpus tapi prosedurnya sekarang udah ganti lagi. Alamat web yang dipakai pun udah beda hahhaa… asal jadi lebih baik ga pa-pa lah ya..

Nyampe di kanim jakpus jam 7 teng dan nomor antrian online yang didapet nomor 12. Untuk yang walk-in nomor antriannya beda dengan yang online. Pas duduk di ruang tunggu, antrian walk-in udah dipanggil sampe nomor 5. Sekarang jam buka kanim jakpus benernya jam berapa ya? Hebat lho, pagi bener.

Dapet giliran dipanggi maju kedepan, dicek deh tuh fotocopy-an dokumen kita trus dikasih map kuning. Petugas nyatet nomor paspor lama di selembar kertas sesuai nomor urut yg didapet, punya gw dicatet di baris ke 12. Nomor 13 dan berikutnya masih kosong dong ya pan blom kebagian dipanggil. Eh tapi nomor 20 sampe kira2 nomor 30-an udah ada isinya lhooo HA HA HA HA.
Abis itu disuruh nunggu lagi nanti dipanggil ke lantai 2.

Yang pertama dipanggil ke lantai 2 yaitu antrian walk-in 1 s/d 10. Lanjut antrian online 1 s/d 10. Begitu seterusnya per sepuluh nomor.

Di lantai 2, nomor antrian lama diambil dan diganti nomor baru. Rupanya di lantai 2 itu udah ga dipisah mana yang walk-in dan online. Gabruk jadi satu, kalo akhir taon lalu masih pisah2.
Dapet nomor urut 44, dan di layar terlihat baru angka belasan. Tapi jangan bersedih hati karena panggilnya cepet kog. Walopun proses berikutnya adalah cek dokumen asli, wawancara dan foto tapi bisa cepet karena banyak yang belom hadir. Kog bisa? apa sih yang ga bisa? HA HA HA HA.

Pas kebagian dipanggil untuk foto dan wawancara, yang duduk di sebelah meja gw adalah cewe muda yang dari gaya ngomong dan omongannya keliatan banget ga lewat prosedur normal. Orangnya juga ga ada di antrian tadi pagi HA HA HA HA.

Selesai foto dikasih selembar kertas untuk minta jadwal pengambilan paspor ke loket ‘pengambilan’.
Pengambilan paspor bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa.

Nyampe kanim jam 07:00, keluar kanim 09:20

————————————

Jadi ya buat yang mau bikin ato perpanjang paspor lewat calo, silakan aja. Jangan merasa tertekan karena semua kenalan kita udah pada bisa bikin sendiri tanpa calo. Biar gimana calo tetap dibutuhkan buat para lansia dan orang2 yang isi formulir-nya aja ga bisa. ‘Membaca saja aku sulit’ gimana mau isi formulir pan ya…

KHUSUS untuk pemegang KTP seumur hidup, orang sakit dan bayi (dibawah 1 tahun) ada jalur khusus. Jadi di lantai 2 mereka digiring langsung masuk foto dan wawancara.

Advertisements

7 thoughts on “Perpanjang Paspor Juga

  1. lom sempet bikinin yang zio nih, kk na masih lom ada errr… karena kemarin pas bikin akta, ilang dan kudu di print ulang hiks~

  2. gw jd perpanjang di ngurah rai xiao..
    manual kaga online, abis tiap nyoba online itu pdf nya ga bisa keattach terus.. seharian nyoba ga bisa.. akhirnya manual deh.. tapi ternyata cepet, ga antri, tx God deh.. pas submit docs gw cuman antri stg jam, pas foto ama wawancara dtg jam 8 pagi, jam 9 pagi dah beres kita perpanjang paspor sekeluarga 🙂

    sekarang paspor baru, tp kaga ada tiket promo wkwkw.. mana tiger mandala tutup lagi 🙂

    1. antriannya sekarang kayanya ga terlalu beda online ato walk-in ya mei..
      paspor perlu buat persiapan mei.. sapa tau ada surprise second honeymoon hahhaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s