Pampis

pampis

Namanya pampis harusnya dibikin dari ikan cakalang, tapi di tempat biasa beli ikan rasanya blom pernah ada cakalang fresh. Yang ada cakalang fufu, ikan cakalang yang udah diasepin. Kemaren udah megang-megang cakalang fufu tapi ga jadi beli takut hasil akhirnya keras soalnya buat makanan anak-anak. Akhirnya pake ikan tongkol deh karena katanya sih rasanya ga beda 🙂

Ikan tongkol 1,2kg (2 ekor) jadi 550gr pampis. Lain kali kudu beli banyakan nih biar sekalian bikinnya, bisa taro di freezer supaya super awet heheee..

Resep diambil dari berbagai resep yang beredar di dunia maya dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Normalnya pampis dibikin pedes tapi karena ini buat anak-anak jadi ga pake cabe sama sekali.

Bahan:

  • 1,2kg Ikan tongkol fresh (bukan yang sudah diasinkan)
  • 5 lembar Daun Jeruk
  • 2 sdt garam / sesuai selera
  • 1/2 sdt gula / sesuai selera
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • Garam dan Jeruk Nipis untuk melumuri ikan

Bumbu halus:

  • 10 Bawang Merah
  • 5 Bawang Putih

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan tongkol lalu lumuri garam dan jeruk nipis
  2. Matangkan ikan tongkol dalam wajan (gw pake double pan), kira2 20 menit lalu dinginkan.
  3. Suwir2 ikan tongkol dan buang durinya (Suwirnya gak perlu ampe kecil2 karena nanti juga jadi serpihan kecil saat diaduk dengan bumbu halus).
  4. Tumis bumbu halus lalu masukkan ikan tongkol, daun jeruk, gula, garam. Boleh tambahkan jahe atau kunyit atau lengkuas bubuk bila ada dan bila suka.
  5. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kering, diicip dan perbaiki rasa kalo belum pas.

Karena emang buat stok makanan anak2, setelah dingin pampisnya gw kemas per-porsi trus dimasukin ke freezer. Pas mau dipake tinggal dipanasin aja 🙂

Anak2 doyan banget sama ikan-ikanan.. Pampis ini juga bisa dijadiin isian sushi ato dibikin nasi kepel alias onigiri hehee..

Advertisements

5 thoughts on “Pampis

  1. wew… ini disini mertua g suka bikin tuh, tapi enggak tau yah resepnya sama apa enggak ?! pakai ikan tongkol juga wakakaka… 🙂 g juga suka masak ikan buat zio, secara ikan gampang ancurnya, klo ayam sapi udah di giling masih aja suka di lepeh sama zio ihiks~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s